Promosi Kesehatan

A. Prinsip Promosi Kesehatan
1.        Pengertian Promosi Kesehatan
WHO berdasarkan piagam Ottawa (1986) dalam Heri.D.J. Maulana (2009) hal. 19, mendefinisikan promosi kesehatan adalah suatu proses yang memungkinkan individu meningkatkan kontrol terhadap kesehatan dan meningkatkan kesehatannya berbasis filosofi yang jelas mengenai pemberdayaan diri sendiri.
Promosi kesehatan merupakan proses pemberdayaan seseorang untuk meningkatkan control dan peningkatan kesehatannya. WHO menekankan bahwa promosi kesehatan merupakan suatu proses yang bertujuan memungkinkan individu meningkatkan kontrol terhadap kesehatan dan meningkatkan kesehatannya berbasis filosofi yang jelas mengenai pemberdayaan diri sendiri (Maulana,2009).
2.        Tujuan Promosi Kesehatan.
Green,1991 dalam Maulana,2009,tujuan promosi kesehatan terdiri dari tiga tingkatan yaitu:
a.         Tujuan Program
Refleksi dari fase social dan epidemiologi berupa pernyataan tentang apa yang akan dicapai dalam periode tertentu yang berhubungan dengan status kesehatan. Tujuan program ini juga disebut tujuan jangka panjang, contohnya mortalitas akibat kecelakaan kerja pada pekerja menurun 50 % setelah promosi kesehatan berjalan lima tahun.
b.        Tujuan Pendidikan
Pembelajaran yang harus dicapai agar tercapai perilaku yang diinginkan. Tujuan ini merupakan tujuan jangka menengah, contohnya : cakupan angka kunjungan ke klinik perusahaan meningkat 75% setelah promosi kesehatan berjalan tiga tahun.
c.         Tujuan Perilaku
Gambaran perilaku yang akan dicapai dalam mengatasi masalah kesehatan. Tujuan ini bersifat jangka pendek, berhubungan dengan pengetahuan, sikap, tindakan, contohnya: pengetahuan pekerja tentang tanda-tanda bahaya di tempat kerja meningkat 60% setelah promosi kesehatan berjalan 6 bulan
         3.         Sasaran Promosi Kesehatan.
Sasaran promosi kesehatan yang dilakukan oleh perawat adalah individu, keluarga, kelompok dan masyarakat. Agar promosi kesehatan dapat lebih tepat sasaran, maka sasaran tersebut perlu dikenali lebih rinci, dan jelas melalui pengelompokkan sasaran promosi kesehatan, meliputi:
a.         Sasaran primer, yaitu mereka yang diharapkan dapat menerima perilaku baru.
b.        Sasaran sekunder, yaitu mereka yang mempengaruhi sasaran primer.
c.         Sasaran tersier, yaitu mereka yang berpengaruh terhadap keberhasilan kegiatan seperti para pengambil keputusan  atau penyandang dana.
 
        4.         Jenis-Jenis Kegiatan Promosi Kesehatan
Ewlest & simnet (1994) dalam Heri.D.J. Maulana (2009) hal. 26, mengidentifikasi tujuan area kegiatan promosi kesehatan  yaitu:
a.         Progam Pendidikan Kesehatan
Program pendidikan kesehatan adalah kesempatan yang direncanakan untuk belajar tentang kesehatan, dan melakukan perubahan-perubahan secara sukarela dalam tingkah laku.
b.         Pelayanan Kesehatan Preventif
Winslow (1920) dalam Level & Clark (1958) dalam Heri.D.J. Maulana (2009) hal. 27, mengungkapkan 3 tahap pencegahan yang dikenal dengan teori five levels of prevention, yaitu:
1)        Pencegahan Primer
Dilakukan saat individu belum menderita sakit, meliputi:
a)        Promosi Kesehatan (health promotion)
Kegiatan pada tahap ini ditujukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap masalah kesehatan.
b)        Perlindungan Khusus (specific protection)
Berupa upaya spesifik untuk mencegah terjadinya penularan penyakit tertentu, misalnya melakukan imunisasi, dan peningkatan keterampilan remaja untuk mencegah ajakan menggunakan narkotik, dan penanggulangan stress.
2)        Pencegahan Skunder
a)        Diagnosis dini dan pengobatan segera.
b)        Pembatasan kecacatan
3)        Pencegahan Tersier
Pada tahap ini upaya yang dilakukan adalah mencegah agar cacat yang diderita tidak menjadi hambatan sehingga indiviu yang menderita dapat berfungsi optimal secara fisik, mental, dan sosial.
c.         Kegiatan Berbasis Masyarakat
Promosi kesehatan menggunakan pendekatan “dari bawah”, bekerja dengan dan untuk penduduk, dengan melibatkan masyarakat dalam kesadaran kesehatan.
d.        Pengembangan Organisasi
Pengembangan organisasi berhubungan dengan pengembangan dan pelalaksanaan kebijakan dalam oranisasi-organisasi yang berupaya meningkatkan kesehatan para staf dan pelanggan.
e.         Kebijakan Publik Yang Sehat
Upaya ini melibatkan badan resmi atau sukarela, kelompok profesional, dan masyarakat umum yang bekerja sama mengembangkan perubahan-perubahan dalam situasi dan kondisi kehidupan.
f.          Tindakan Kesehatan Berwawasan Lingkungan.
Upaya yang dilakukan adalah menjadikan lingkungan fisik penunjang kesehatan, baik di rumah, tempat kerja, atau tempat-tempat umum.
g.         Kegiatan ekonomi yang bersifat peraturan
Kegiatan politik dan edukasional ini ditunjukan pada politisi untuk kebijaksanaan dan perencana yang melibatkan upaya lobi dan implementasi perubahan perubahan legestalatif.seperti peratuaran pemberian lebel makanan halal mendorang pratik etik yang sukarela.
Jenis kesehatan promosi kesehatan meliputi:
a.         Pemberdayaan masyarakat
b.         Pemgembangan kemitraan
c.         Upaya advokasi
d.        Pembinaan suasana
e.         Pemgembangan SDM
f.          Pemgembangan IPTEK
g.         Pengembangan media dan sarana
h.         Pengembangan infrastruktur
 
        5.         Prinsip-prinsip Promosi Kesehatan
Prinsip promosi kesehatan menurut WHO pada Ottawa Charter for health promotion (1986) mengemukakan ada tujuh prinsip pada promosi kesehatan, antara lain :
a.         Empowerment ( pemberdayaan) yaitu cara kerja untuk memungkinkan seseorang untuk mendapatkan kontrol lebih besar atas keputusan dan tindakkan yang mempengaruhi kesehatan mereka.
b.         Partisipative ( partisipasi) yaitu dimana seseorang mengambil bagian aktif dalam pengambilan keputusan.
c.         Holistic ( menyeluruh ) yaitu memperhitungkan hal-hal yang mempengaruhi kesehatan dan interaksi dari dimensi-dimensi tersebut.
d.        Equitable ( kesetaraan) yaitu memastikan kesamaan atau kesetaraan hasil yang di dapat oleh klien.
e.         Intersectoral ( antar sektor ) yaitu bekerja dalam kemitraan dengan instasi terkait lainnya atau organisasi.
f.          Sustainable ( berkelanjutan) yaitu memastikan bahwa hasil dari kegiatan promosi kesehatan yang berkelanjutan dalam jangka panjang.
g.         Multi Strategy yaitu bekerja pada sejumlah strategi daerah seperti program kebijakkan.
Sedangkan  menurut Michael,dkk,2009 Prinsip-prinsip promosi kesehatan antara lain sebagai berikut:
a.         Manajemen puncak harus mendukung secara nyata serta antusias program intervensi dan turut terlibat dalam program tersebut.
b.         Pihak pekerja pada semua tingkat ini pengorganisasian harus terlibat dalam perencanaan dan implementasi intervensi.
c.         Fokus intervensi harus berdasarkan pada factor risiko yang dapat didefinisikan serta dimodifikasi dan merupakan prioritas bagi pekerja.
d.        Intervensi harus disusun sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pekerja.
e.         Sumber daya setempat harus dimanfaatkan dalam mengorganisasikan dan mengimplementasikan intervensi.
f.          Evaluasi harus dilakukan juga.
g.         Organisasi harus menggunakan inisiatif kebijakan berbasis populasi maupun intervensi promosi kesehatan yang intensif dengan berorientasi pada perorangan dan kelompok.
h.         Intervensi harus bersifat kontinue serta didasarkan pada prinsip-prinsippemberdayaan dan atau model yang berorientasi pada masyarakat dengan menggunakan lebih dari satu metode.
B.  Strategi dalam Promosi Kesehatan
Strategi promosi kesehatan berdasarkan (Piagam Ottawa 1986) ialah sebagai berikut :
1.        Kebijakan berwawasan kebijakan
Strategi promosi kesehatan yang mana ditujukan kepada para penentu kebijakan agar mengeluarkan kebijakan dan ketentuan yang menguntungkan bahkan dapat merugikan kesehatan, sehingga dalam menentukan keputusan diperhatikan dampaknya bagi kesehatan masyarakat.
2.        Lingkungan yang mendukung
Strategi ini dikelola oleh para pengelola tempat umum, termasuk pemerintah kota. Dimana mereka dapat menyediakan sarana dan prasarana bagi masyarakat dalam meningkatkan kesehatnnya, sehingga nantinya akan tercipta lingkungan yang sehat untuk mendukung prilaku sehat masyarakat
3.    Reorientasi Pelayanan Kesehatan
Realisasi dari reorintasi pelayanan kesehatan ini adalah para penyelenggara kesehatan baik pemerintah maupun swasta harus dilibatkan dalam memberdayakan masyarakat agar dapat berperan bukan hanya sebagai penerima pelayan kesehatan namun dapat menjadi menjadi penyelenggara pelayanan kesehatan.
4.    Keterampilan Individu
Strategi ini mewujudkan adanya keterampilan individu-individu dalam meningkatkan dan memelihara kesehatanya. Langkah awal untuk strategi ini adalah pemberian pemahaman tentang penyakit dalam bentuk metode atau teknik kepada individual bukan dalam bentuk massa
5.         Gerakan Masyarakat
Adanya gerakan dari masyarakat itu sendiri dalam meningkatkan dan memelihara kesehatannya. Hal ini akan tampak dari prilaku masyarakat untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya tanpa harus ada kegiatan namun akan tampak dari prilaku menuju sehat.
Berdasarkan rumusan yang dibuat oleh WHO (1994), strategi promosi kesehatan secara global dibagi menjadi tiga yang akan dibentuk dalam intervensi, yaitu :
1.    Advokasi (Advocacy)
Advokasi adalah kegiatan dimana untuk meyakinkan orang lain agar orang lain tersebut membantu atau mendukung terhadap apa yang  diinginkan. Pendekatan advokasi ialah sasaran kepada para pembuat keputusan atau penentu keputusan sesuai sektornya. Intinya adalah strategi advokasi kesehatan merupakan pendekatam yang dilakukan dengan pimpinan atau pejabat dengan tujuan mengembangkan kebijakan publik yang berwawasan kesehatan Kegiatan advokasi ini ada dalam bentuk formal dan informal. Advokasi dalam bentuk  formal misalnya : penyajian presentasi, seminar, atau suatu usulan yang dilakukan oleh para pejabat terkait. Advokasi informal misalnya : Suatu kegiatan untuk meminta dana, atau dukungan dalam bentuk kebijakan kepada para pejabat yang relevan dengan kebijakan yang diusulkan. Intervensi yang dapat dilakukan secara perseorangan kepada pejabat ialah dengan : lobi, dialog, negosiasi dan debat. Sehingga diharapkan mendapatkan hasil adanya tindakan yang nyata, kepedulian, serta pemahaman atau kesadaran dari pejabat sehingga terjadi kelanjutan kegiatan.
2.    Dukungan sosial ( Social Support )
Dukungan sosial adalah suatu strategi yang digunakan untuk mencari dukungan sosial melalui tokoh-tokoh masyarakat. Dimana tujuannya dengan menggunakan tokoh masyarakat sebagai jembatan antara sektor kesehatan atau pengembang kesehatan dengan masyarakat. Intervensi keperawatan yang diberikan dalam stretegi dukungan sosial ialah : pelatihan bagi para tokoh masyarakat, lokakarya, bimbingan bagi para tokoh masyarakat, sehingga hasil yang diharapkan adalah adanya peningkatan jumlah para tokoh masyarakat yang berperan aktif dalam pelayanan kesehatan, jumlah individu dan keluarga dimana meningkat pengetahuannya tentang kesehatan, adanya pemanfaatan fasilitas kesehatan yang ada misalnya posyandu.
3.    Pemberdayaan Masyarakat (Empowerment)
Pemberdayaan adalah strategi promosi kesehatan yang langsung kepada masyarakat. Pemberdayaan ini bertujuan untuk mewujudkan kemampuan masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan masyarakat itu sendiri. Intervensi keperawatan dalam pemberdayaan masyarakat adalah dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat ini dapat berupa : penyuluhan kesehatan, posyandu, pos obat desa, dan lain sebagainya. Hasil yang diharapkan adalah sumber daya manusia yang berperan dalam peningkatan dan pemeliharaan kesehatan.
C.  Metode Promkes
Proses belajar mengajar yang efisien dan efektif yang dilakukan dipengaruhi oleh metode yang digunakan. Pemilihan metode dalam pelaksanaan promosi kesehatan harus dipertimbangkan secara cermat dengan memperhatikan materi atau informasi yang akan disampaikan, keadaan penerima informasi (termasuk sosial budaya) atau sasaran, dan hal-hal lain yang merupakan lingkungan komunikasi seperti ruang dan waktu. Masing – masing metode memiliki keunggulan dan kelemahan, sehingga penggunaan gabungan beberapa metode sering dilakukan untuk mamaksimalkan hasil.
1.    Pengertian Metode
Metode diartikan sebagai cara atau pendekatan tertentu. Pemberdayaan dapat dilakukan dengan melihat metode : ceramah dan tanya jawab, dialog, debat, seminar, kampanye, petisi/resolusi, dan lain-lain. Sedangkan advokasi, dapat dilakukan dengan pilihan metode : seminar, lobi dialog, negosiasi, debat, petisi/resolusi, mobilisasi, dan lain-lain.
2.    Jenis – Jenis Metode Promkes
Secara garis besar, metode dibagi menjadi dua, yaitu metode didaktif dan metode sokratik.
a.    Metode Didaktif
Metode ini didasarkan atau dilakukan secara satu arah. Tingkat keberhasilan metode didaktif  sulit dievaluasi karena peserta didik bersifat pasif dan hanya pendidik yang aktif. Misalnya: ceramah, film, leaflet, booklet, poster dan siaran radio.
b.    Metode Sokratif
Metode ini dilakukan secara dua arah. Dengan metode ini, kemungkinan antara pendidik dan peserta didik bersikap aktif dan kreatif. Misalnya: diskusi kelompok, debat, panel, forum, seminar, bermain peran, curah pendapat, demonstrasi, studi kasus, lokakarya dan penugasan perorangan.
Metode Promosi Kesehatan dapat digolongkan berdasarkan Teknik Komunikasi, Sasaran yang dicapai dan Indera penerima dari sasaran promosi. Metode berdasarkan tekhnik komunikasi:
a.    Metode Penyuluhan Langsung
          Dalam hal ini para penyuluh langsung berhadapan atau bertatap muka dengan sasaran. Termasuk disini antara lain: kunjungan rumah, pertemuan diskusi, pertemuan di balai desa pertemuan di posyandu, dll.
b.    Metode Penyuluhan Tidak Langsung
          Dalam hal ini para penyuluh tidak langsung berhadapan secara tatap muka dengan sasaran, tetapi ia menyampaikan pesannya dengan  perantara media. Contohnya, publikasi dalam bentuk media cetak, melalui pertunjukkan film dan sebagainya berdasarkan jumlah sasaran yang dicapai.
Metode berdasarkan jumlah sasarannya dibagi menjadi 3 (Menurut Notoatmodjo, 1993 dan WHO, 1992):
a.         Metode Pendidikan Individual (Perorangan)    
        Metode yang bersifat individual digunakan untuk membina perilaku baru atau membina seseorang yang mulai tertarik kepada suatu perubahan perilaku atau inovasi. Setiap orang memiliki masalah atau alasan yang berbeda-beda sehubungan dengan penerimaan atau perilaku baru tersebut. Bentuk pendekatannya :
1)        Bimbingan dan penyuluhan (Guidence and counceling)
            Perubahan perilaku terjadi karena adanya kontak yang intensif antara klien dengan petugas dan setiap masalahnya dapat diteliti dan dibantu penyelesainnya.
2)        Wawancara (interview)
Untuk mengetahui apakah klien memiliki kesadaran dan pengertian yang kuat tentang informasi yang diberikan (prubahan perilaku ynag diharapkan).
b.        Metode Pendidikan Kelompok
Dalam memilih metode pada kelompok,yang harus diperhatikan adalah besarnya kelompok sasaran dan tingkat pendidikan formalnya. Besarnya kelompok sasaran mempengaruhi efektifitas metode yang digunakan.
1)        Kelompok besar
a)        Ceramah
Sasaran dapat berpendidikan tinggi maupun rendah. Penceramah harus menyiapkan dan menguasai materi serta mempersiapkan media. Metode dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan saecara lisan. Metode ini mudah dilaksanakan tetapi penerima informasi menjadi pasif dan kegiatan menjadi membosankan jika terlalu lama.
b)        Seminar
Metode seminar hanya cocok untuk sasaran kelompok besar dengan pendidikan formal menengah ke atas. Seminar adalah suatu penyajian (presentasi)dari suatu ahli atau beberapa ahli tentang suatu topik yang dianggap penting dan biasanya dianggap hangat di masyarakat.
2)        Kelompok kecil
a)        Diskusi kelompok
     Metode yang dilaksanakan dalam bentuk diskusi antara pemberi dan penerima informasi, biasanya untuk mengatasi masalah. Metode ini mendorong penerima informasi berpikir kritis, mengekspresikan pendapatnya secara bebas, menyumbangkan pikirannya untuk memecahkan masalah bersama, mengambil satu alternatif jawaban atau beberapa alternatif jawaban untuk memecahkan masalah berdasarkan pertimbangan yang seksama.           
Kelemahan metode diskusi sebagai berikut : 
-            Tidak dapat dipakai dalam kelompok yang besar. 
-            Peserta diskusi mendapat informasi yang terbatas. 
-            Dapat dikuasai oleh orang-orang yang suka berbicara. 
-            Biasanya orang menghendaki pendekatan yang lebih formal
b)        Curah pendapat (Brain storming)
Adalah suatu pemecahan masalah ketika setiap anggota mengusulkan dengan cepat semua kemungkinan pemecahan yang dipikirkan. Kritik evaluasi atas semua pendapat tadi dilakukan setelah semua anggota kelompok mencurahkan pendapatnya. Metode ini cocok digunakan untuk membangkitkan pikiran yang kreatif, merangsang, partisipasi, mencari kemungkinan pemecahan masalah, mendahului metode lainnya, mencari pendapat-pendapat baru dan menciptakan suasana yang menyenangkan dalam kelompok.
c)        Bola salju (snow balling)
Metode ini dilakukan dengan membagi secara berpasangan (satu pasang- dua orang). Setelah pasangan terbentuk, dilontarkan suatu pernyataaan atau masalah, setelah kurang lebih 5 menit setiap 2 pasangan bergabung menjadi satu. Mereka tetap mendiskusikan masalah yang sama dan mencari kesimpulannya. Selanjutnya, setiap 2 pasang yang sudah beranggotakan 4 orang ini bergabung lagi dengan pasangan lainnya, demikian seterusnya akhirnya terjadi diskusi seluruh kelas.
d)       Kelompok-kelompok kecil (Buzz group)
Kelompok dibagi menjadi kelompok kecil untuk mendiskusikan masalah kemudian kesepakatan di kelompok kecil disampaikan oleh tiap kelompok dan kemudian di diskusikan untuk diambil kesimpulan.
e)        Memainkan peranan (role play).
Dalam metode ini beberapa anggota kelompok ditunjuk sebagai pemegang peran tertentu untuk memainkan peranan.
f)         Permainan simulasi (simulation game)
Merupakan gabungan antara role play dan diskusi kelompok. Pesan-pesan kesehatan disajikan dalam beberapa bentuk permainan seperti permainan monopoli, menggunakan dadu, petunjuk arah dan papan monopoli. Beberapa orang menjadi pemain dan sebagian lainnya berperan sebagai narasumber.
3)        Metode pendidikan massa
Metode ini untuk mengomunikasikan pesan-pesan kesehatan yang ditujukan kepada masyarakat. Sasaran pendidikan pada metode ini bersifat umum tanpa membedakan umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status sosial, ekonomi dan sebagainya, sehingga pesan-pesan kesehatan dirancang sedemikian rupa agar dapat ditangkap oleh massa tersebut. Metode ini bertujuan untuk mengguagah kesadaran masyarakat terhadap suatu inovasi. Metode ini biasanya bersifat tidak langsung.
a)        Ceramah umum (public speaking)
b)        Pidato/diskusi
c)        Simulasi
d)       Menggunakan media televise
e)        Menggunakan media surat kabar
f)         Bill board
Metode berdasarkan Indera Penerima. Metode melihat/memperhatikan. Dalam hal ini pesan diterima sasaran melalui indera penglihatan, seperti : Penempelan Poster, Pemasangan Gambar/Photo, Pemasangan Koran dinding, Pemutaran Film
a.              Metode pendengaran. Dalam hal ini pesan diterima oleh sasaran melalui indera pendengar, umpamanya : Penyuluhan lewat radio, Pidato, Ceramah, dll
b.             Metode kombinasi. Dalam hal ini termasuk : Demonstrasi cara (dilihat, didengar, dicium, diraba dan dicoba).
 
3.    Kelebihan dan Kekurangan Masing-masing Metode
a.    Kunjungan Rumah
Kunjungan rumah adalah suatu hubungan langsung antara penyuluh dengan masyarakat sasaran dan keluarganya di rumah ataupun ditempat biasa mereka berkumpul. Biasanya kegiatan ini disebut anjang sono, anjang karya, dan sebagainya.
Cara melakukannya dengan memperhatikan hal-hal seperti berikut :
1)        Ada maksud dan tujuan tertentu
2)        Tepat waktunya dan tidak membuang-buang waktu
3)        Rencanakan beberapa kunjungan berurutan untuk menghemat waktu
4)        Kunjungi pula sasaran yang jauh dan terpencil
5)        Metode ini untuk memperkuat metode-metode lainnya atau bila metode-metode lainnya tidak mungkin.
Selama berkunjung harus diingat hal-hal seperti :
1)             Membicarakan soal-soal yang menarik perhatian
2)             Biarkan keluarga sasaran berbicara sebanyak-banyaknya dan jangan memotong pembicaraannya
3)             Bicara bila keluarga sasaran itu ingin mendengarkannya
4)             Bicara dalam gaya yang menarik sasaran
5)             Pergunakan bahasa umum yang mudah, bicara pelan-pelan dan suasana menyenangkan
6)             Harus sungguh-sungguh dalam pernyataan
7)             Jangan memperpanjang mempersilat lidah
8)             Biarkan keluarga sasaran merasa sebagai pemrakarsa gagasan yang baik
9)             Harus jujur dalam mengajar maupun belajar
10)         Meninggalkan keluarga sasaran sebagai kawan
11)         Catat tanggal kunjungan, tujuan, hasil dan janji
12)         Membawa surat selebaran, brosur, dsb untuk diberikan kepada keluarga sasaran. Ini akan menjalin persahabatan.
Keuntungan metode ini :
1)             Mendapat keterangan langsung perihal masalah-masalah kesehatan
2)             Membina persahabatan
3)             Tumbuhnya kepercayaan pada penyuluh bila anjuran-anjurannya diterima
4)             Menemukan tokoh-tokoh masyarakat yang lebih baik
5)             Rintangan-rintangan antara penyuluh dengan keluarga sasaran menjadi kurang
6)             Mencapai juga petani yang terpencil, yang terlewat oleh metode lainnya
7)             Tingkat pengadopsian terhadap perilaku kesehatan yang baru lebih tinggi
Kerugian:
1)        Jumlah kunjungan yang mungkin dilakukan adalah terbatas
2)        Kunjungan-kunjungan yang cocok bagi keluarga sasaran dan penyuluh adalah terbatas sekali
3)        Kunjungan yang terlalu sering pada satu keluarga sasaran akan menimbulkan prasangka pada keluarga lainnya
b.    Pertemuan Umum
Pertemuan umum adalah suatu pertemuan dengan peserta campuran dimana disampaikan beberapa informasi tertentu tentang kesehatan untuk dilaksanakan oleh masyarakat sasaran.
Cara melakukannya dengan perencanaan dan persiapan yang baik, seperti:
1)        Rundingkan dahulu dengan orang-orang yang terkait
2)        Konsultasi dengan tokoh-tokoh setempat dan buatlah agenda acara sementara
3)        Jaminan kedatangan para nara sumber lainnya (bila diperlukan)
4)        Usahakan ikut sertanya semua golongan di tempat itu.
Hal-hal perlu diperhatikan :
1)        Rapat diselenggarakan ditempat yang letaknya strategis, dengan penerangan dan udara yang segar
2)        Waktu yang dipilh adalah waktu luang masyarakat
3)        Pada siang hari, bila tempat-tempat tinggal orang berjauhan
4)        Tepat memulai dan mengakhiri pertemuan
5)        Perhatikan ditujukan kepada tujuan pertemuan dengan memberikan kesempatan untuk berdiskusi. Hindari pertengkaran pendapat
6)        Anjuran mempergunakan alat-alat peraga
7)        Usaha-usaha menarik perhatian, menggugah hai dan mendorong kegiatan
8)        Memberikan penghargaan kepada semua golongan yang hadir
9)        Libatkan tokoh-tokoh masyarakat setempat
10)    Usahakan kegiatan lanjutan (bila ada)
11)    Berikan selembaran-selembaran yang sesuai dengan materi yang didiskusikan.
Keuntungan metode ini:
1)             Banyak orang yang dicapai
2)             Menjadi tahap persiapan untuk metode lainnya
3)             Perkenalan pribadi dapat ditingkatkan
4)             Segala macam topik/judul dapat diajukan
5)             Adopsi suatu anjuran secara murah/sedikit biaya
Kerugian metode ini:
1)             Tempat dan sarana pertemuan tidak selalu cukup
2)             Waktu untuk diskusi biasanya terbatas sekali
3)             Pembahasan topik sedikit lebih sulit karena peserta yang hadir adalah campuran
4)             Kejadian-kejadian di luar kekuasaan seperti cuaca buruk, dsb dapat mengurangi jumlah kehadiran
c.    Diskusi
Diskusi adalah untuk kelompok yang lebih kecil atau lebih sedikit pesertanya yaitu berkisar 12-15 orang saja. Harus ada partisipasi yang baik dari peserta yang hadir. Biasanya dipergunakan untuk menjelasan suatu informasi yang lebih rinci dan mendetail serta pertukaran pendapat mengenai perubahan perilaku kesehatan. Keberhasilan pertemuan FGD banyak tergantung dari petugas penyuluh untuk :
1)        Memperkenalkan soal yang dapat perhatian para peserta
2)        Memelihara perhatian yang terus menerus dari para peserta
3)        Memberi kesempatan kepada semua orang untuk mengemukakan pendapatnya dan menghindari dominasi beberapa orang saja
4)        Membuat kesimpulan pembicaraan-pembicaraan dan menyusun saran-saran yang diajukan
5)        Berikan bahan-bahan informasi yang cukup agar peserta sampai pada kesimpulan yang tepat.
d.   Demonstrasi
Demontrasi adalah memperlihatkan secara singkat kepada suatu kelompok bagaimana melakukan suatu perilaku kesehatan baru. Metode ini lebih menekankan pada bagaimana cara melakukannya suatu perilaku kesehatan. Kegiatan ini bukan lah suatu percobaan atau pengujian, tetapi sebuah usaha pendidikan. Tujuannya adalah untuk meyakinkan peserta bahwa sesuatu perilaku kesehatan tertentu yang dianjurkan itu adalah berguna dan praktis sekali bagi masyarakat. Demonstrasi ini mengajarkan suatu ketrampilan yang baru. Cara melakukannya dengan segala perencanaan dan persiapan yang diperlukan, seperti :
1)             Datang jauh sebelum kegiatan di mulai untuk memeriksa peralatan dan bahan yang diperlukan
2)             Mengatur tempat sebaik mungkin, sehingga semua peserta dapat melihatnya dan ikut dalam diskusi
3)             Demonstrasi dilakukan tahap demi tahap sambil membangkitkan keinginan peserta untuk bertanya
4)             Berikan kesempatan pada wakil peserta untuk mencoba ketrampilan perilaku yang baru.
5)             Berikan selebaran yang cepat (brosur, dll) yang bersangkutan dengan demostrasi itu
Anjuran :
1)        Pilihlah topik yang berdasarkan keperluan masyarakat
2)        Demonstrasi dilakukan tepat masanya
3)        Pengumuman yang luas sebelum waktunya untuk menarik banyak perhatian dan peserta
4)        Pergunakan alat-alat yang mudah di dapat orang
5)        Hilangkan keraguan-raguan, tetapi hindarikan pertengkaran mulut
6)        Hargai cara-cara yang biasa dilakukan masyarakat
Kelebihan / keuntungan metode ini :
1)        Cara mengajar ketramilan yang efekif
2)        Merangsasang kegiatan
3)        Menumbuhkan kepercayaan pada diri sendiri.
Kekurangan / keterbatasannya :
a.         Memerlukan banyak persiapan, peralatan dan ketrampilan
b.        Merugikan bila demonstrasi dilaksanakan dengan kualitas yang buruk
D.  Media Promkes
1.    Pengertian
Media adalah alat yang digunakan oleh pendidik dalam menyampaikan bahan pendidikan atau pengajaran ( Herry D.J. Maulana).
Media promosi kesehatan adalah alat yang dipakai untuk mengirimkan pesan kesehatan (Ferry Efendy & Makhfudli).
Media pendidikan kesehatan disebut juga alat peraga karena berfungsi membantu dan memeragakan sesuatu dalam proses pendidikan atau pengajaran. Pembuatan alat peraga atau media mempunyai prinsip bahwa pengetahuan yang ada pada setiap orang diterima dan ditangkap melalui pancaindra.
Semakin banyak pancaindra yang digunakan maka semakin jelas juga pengetahuan yang didapatkan. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan alat peraga dapat melibatkan indra sebanyak mungkin pada suatu objek sehingga dapat memudahkan pemahaman bagi peserta didik.
Alat peraga atau media mempunyai intensitas yang berbeda dalam membantu pemahaman seseorang.Elgar menggambarkan intensitas setiap alat peraga dalam suatu kerucut.
        KERUCUT  ELGAR  DALE
  
   KETERANGAN :
     1. Kata-kata
     2. Tulisan
     3. Rekaman, Radio
     4. Film
     5. Televisi
     6. Pameran
     7. Field Trip
     8. Demonstasi
     9. Sandiwara
     10. Benda Buatan
     11. Benda Asli
    
Berdasarkan gambar alat peraga yang memiliki intensitas paling tinggi adalah benda asli sedangkan yang memiliki intensitas paling rendah adalah kata-kata. Hal ini berarti bahwa penyampaian materi hanya menggunakan kata-kata saja kurang efektif jadi  akan leih efektif dan efisien jika menggunakan beberapa alat peraga atau gabungan beberapa media.
Pemilihan media promosi kesehatan ditentukan oleh banyaknya sasaran, keadaan geografis, karakteristik partisipan, dan sumber daya pendukung.Contohnya didaerah terpencil yang hanya dapat dicapai dengan peswat terbang khususdan pendidikan kesehatan yang diinginkan adalah yang mencapai sebanyak mungkin sasaran, maka media yang dapat dipilih adalah flyer atau media elektronik jika sumber dayanya memungkinkan.
2.    Manfaat Media
Ada banyak manfaat dari media atau alat peraga yaitu sebagai berikut:
a.         Menimbulkan minat sasaran
b.         Mencapai sasaran yang lebih banyak
c.         Membantu mengatasi banyak hambatan dalam pemahaman
d.        Merangsang sasaran untuk meneruskan pesan pada orang lain
e.         Memudahkan penyampaian informasi
f.          Memudahkan penerimaan informasi oleh sasaran
g.         Menurut penelitian 75-87% pengetahuan manusia diperoleh atau disalurkan melalui mata, 13-25% lainnya disalurkan melalui pancaindra lainnya. Oleh karena itu, dalam aplikasi pembuatan media disarankan  lebih banyak menggunakan alat-alat visual karena akan mempermudah cara penyampaian dan penerimaan informasi oleh masyarakat.
h.         Mendorong keinginan untuk mengetahui, mendalami dan mendapat pengertian yang lebih baik.
i.           Membantu menegakkan pengertian yang diperoleh, yaitu menegakkan pengetahuan yang telah diterima sehingga apa yang diterima lebih lama tersimpan dalam ingatan.
3.    Jenis-jenis Alat Peraga
a.    Pembagian alat peraga secara umum
1)        Alat bantu lihat (Visual aids)
Alat ini digunakan untuk membantu menstimulasi indra penglihatan pada saat proses pendidikan. Terdapat dua alat bantu visual yaitu:
-            Alat bantu yang diproyeksikan seperti slide, OHP, dan film strip.
-            Alat bantu yg tidak diproyeksikan misalnya dua dimensi seperti  gambar, peta, da bagan. Termasuk alat bantu cetak dan tulis misalnya leaflet, poster, lembar balik, dan buklet. Termasuk tiga dimens seperti bola dunia dan boneka.
2)        Alat bantu dengar (Audio aids)
Alat ini digunakan untuk menstimulasi indra pendengaran misalnya piringan hitam, radio, tape, CD.
3)        Alat bantu dengar dan lihat (Audio visual aids)
Alat bantu ini digunakan untuk menstimulasi indra penglihatan dan pendengaran seperti televisi, film dan video.
b.    Pembagian alat peraga berdasarkan fungsinya
1)        Media cetak
-       Buklet merupakan media untuk menyampaikan pesan-pesan kesehatan dalam bentuk buku, baik berupa tulisan maupun gambar. Sasaran buklet adalah masyarakat yang dapat membaca.
-       Leaflet merupakan selembar kertas yang terdiri dari 200-400 kata dengan tulisan cetak yang berisi tentang informasi atau pesan-pesan kesehatan. Isi informasi dapat berupa kalimat, gambar atau informasidapat  berupa gambar atau kombinasi. Leaflet berukuran 20x30 cm dan biasannya disajikan dalam bentuk dilipat. Biasanya leaflet diberikan kepada sasaran setalah selesai kuliah atau ceramah agar dapat digunakan sebagai pengingat pesan atau dapat juga diberikan sewaktu ceramah untuk memperkuat pesan yang sedang disampaikan.
-       Flyer (selebaran) bentuk seperti leaflet tetapi tidak dilipat.
-       Flip chart (lembar balik) merupakan alat peraga yang menyerupai kalender balik bergambar. Lembar balik mempunyai dua ukuran, ukuran besar terdiri dari lembaran-lembaran yang berukuran 50x75 cm, sedangkan yang berukuran kecil 38x50 cm. lembar balik yang berukuran lebih kecil  (21x28 cm) disebut flip book atau flip chart meja. Lembaran-lembaran ini disusun dalam urutan tertentudan dibundel pada salah satu sisinya. Dibawah gambar, dituliskan pesan-pesan yang dapat dibaca oleh komunikan. Lembar balik ini digunakan dengan cara membalik lembaran-lembaran bergambar tersebut satu per satu. Lembar balik ini biasanya digunakan untuk pertemuan kelompok dengan jumlah maksimal peserta 30 orang. Flip chart biasanya digunakan untuk pendidikan individu atau kelompok yang lebih kecil (kurang dari 5 orang).
-       Rubrik atau tulisan-tulisan pada surat kabar atau majalah yang membahas suatu masalah kesehatan atau hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan.
-       Poster merupakan bentuk media yang berisi pesan-pesan singkat atau informasi kesehatan yang biasanya menempel di dinding, tempat-tempat umum atau kendaraan umum dan dalam bentuk gambar. Ukuran poster biasanya sekitar 50-60 cm, karena ukurannya sangat terbatas maka tema dalam poster tidak terlalu banyak biasanya hanya ada satu tema dalam satu poster. Tata letak kata dan warna dalam poster hendaknya menarik. Kata-kata dalam poster tidak  lebih dari tujuh kata dan hurufnya dapat dibaca oleh orang lewat dari jarak 6 meter. Biasanya isinya bersifat pemberitahuan atau propaganda. Poster sesuai untuk tindak  lanjut dari pesan yang sudah disampaikan pada waktu lalu. Jadi tujuan poster adalah untuk megingatkan kembali dan mengarahkan pembaca kearah  tindakan tertentu atau sebagai bahan diskusi kelompok.
-       Foto yang mengungkapkan informasi kesehatan.
-       Flannelgraph merupakan guntingan-guntingan gambar atu tulisan yang dibelakangnya diberi kertas amril (ampelas). Guntingan gambar tersebut kemudian ditempelkanpada papan berlapis kain flannel atau kain berbulu yang lain. Keuntungan menggunakan flannelgraph adalah pesertadapat mendekat dan memilih sendiri gambar atau kata yang diinginkannya untuk ditempel ditempat yang ia inginkan. Dengan cara ini para peserta menunjukkan gagasannya sendiri tentang masalah yang sedang didiskusikan. Flannelgraph yang telah dipergunakan dalam suatu pendidikan juga dapat digunakan kembali untuk pendidikan kesehatan dengan topik yang berbeda.
-       Flascard merupakan kartu bergambar berukuran 25x30cm. Gambar-gambarnya dapat dibuat dengan tangan atau dicetak dari foto dan diberi nomor urut. Keterangan tentang gambar tercantum dibelakang setiap kartu. Flascard ini dipergunakan untuk sasaran yang berjumlah kurang dari 30 orang. Apabila pendidik kesehatan ingin membuat sendiri media yang akan dipergunakannya, maka langkah-langkah berikut ini harus diterapkan.
a)    Membuat konsep (draft) pesan yang berisi materi pendidikan kesehatan
b)   Melakukan pre-test terhadap konsep pesan
c)    Memperbaiki konsep pesan
Konsep pesan perlu dilakukan pre-test agar terdapat kesesuaian pesan sehingga pesan tersebut dapat diterima oleh sasaran.Selain itu, agar terdapat kelayakan kultural sehingga pesan tersebut dapat dipergunakan.
2)        Media elektronik
Adapun jenis-jenis media elektronik dapat digunakan sebagai media pendidikan kesehatan, antara lain sebagai berikut:
-       Televisi, penyampaian pesan kesehatan melalui media televisi dapat berbentuk sandiwara, sinetron, forum diskusi, pidato (ceramah), TV spot, dan kuis  atau cerdas cermat.
-       Radio, bentuk penyampaian informasi diradio berupa obrolan (tanya jawab), konsultasi kesehatan, sandiwara radio, dan radio spot.
-       Video, penyampaian informasi kesehatan melalui video
-       Slide, slide dapat juga digunakan untuk menyampaikan informasi kesehatan
-       Film strip
3)        Media papan(billboard)
Media papan besar yang berukuran 2x2 meter yang bersisi tulisan atau gambar yang dipasang ditempat-tempat umum dapat diisi pesan-pesan atau informasi kesehatan sehingga dapat dibaca atau dilihat oleh pemakai jalan.Tulisan dalam billboardharus cukup besara agar dapat dibaca oleh pengenara yang berkecepatan tinggi tanpa mengganggu konsentrasi berkendaraan.Media ini juga mencakup pesan-pesan yang ditulis pada lembaran seng dan ditempel dikendaraan umum (bus atau taksi).
Bulletin board berupa papan berukuran 90- 120 cm yang biasanya dipasang didinding fasilitas umum (puskesmas, rumah sakit, balai desa, dan kantor kecamatan. Pada papan ini dapat ditempelkan gambar-gambar, pamplet, atau media lain ayng mengantdung informasi penting yang secara berkala diganti dengan topic-topik yang lain.
4)        Media hiburan
Penyampaian informasi kesehatan dapat disampaikan melalui media hiburan baik digedung (panggung terbuka) maupun dalam gedung, biasanya dalam bentuk dongeng, sosiodrama, kesenian tradisional dan pameran.
c.    Pembagian alat peraga berdasarkan pembuatan dan penggunaannya
1)        Alat peraga yang rumit (complicated) seperti film, film strip, dan slide. Dalam penggunaannya alat peraga ini memerlukan listrik dan proyektor.
2)        Alat peraga yang sederhana/ mudah dibuat sendiri dengan bahan-bahan setempat yang mudah diperoleh seperti bamboo, karton, kaleng bekas, dan kertas Koran. Ciri-ciri alat peraga sederhana adalah mudah dibuat, bahan-bahannya dapat diperoleh dari bahan-bahan local, mencerminkan kebiasaan, kehidupan dan kepercayaan setempat, ditulis (gambar) dengan sederhana, bahasa setempat dan mudah dimengerti oleh masyarakat dan memenuhi kebutuhan petugas kesehatan dan masyarakat.
 
4.    Sasaran yang Dicapai Alat Bantu Pendidikan
Pengetahuan tentang sasaran pendidikan yang akan dicapai alat peraga, penting untuk dipahami  dalam menggunakan alat peraga. Ini berarti penggunaan alat peraga harus dicapai. Hal yang perlu diketahui tentang sasaran adalah sebagai berikut:
a.         Individu atau kelompok
b.        Kategori sasaran, seperti aspek demografi dan social
c.         Bahasa yang mereka gunakan
d.        Adat istiadat serta kebiasaan
e.         Minat dan perhatian
 
5.    Penggunaan alat peraga
Cara penggunaan alat peraga sangat bergantung pada jenis alat peraga, termasuk perlu di pertimbangkan faktor sasaran   pendidikan. Penggunaan alat peraga tidak dapat berlaku umum. Hal yang cukup penting dalam penggunaan alat peraga adalah bahwa alat yang digunakan harus menarik sehingga menimbulkan minat para pesertanya. Pada waktu menggunakan alat peraga, hendaknya memperhatikan hal-hal berikut:
a.         Senyum adalah lebih baik, untuk mencari simpati
b.        Tunjukkan perhatian bahwa hal yang akan dibicarakan adalah penting
c.         Pertahankan kontak mata
d.        Gaya bicara hendaknya bervariasi agar peserta tidak bosan dan mengantuk
e.         Libatkan peserta atau pendengar dan beri kesempatan mencoba alat-alat tersebut
f.         Jika perlu, berikan selingan humor agar tidak membosankan
6.    Pengaruh warna dalam desain media
Suatu media atau alat peraga yang baik seharusnya mengandung keseimbangan antara berbagai factor, terutama daya tarik sasaran, kejelasan petunjuk dan kesesuain dengan kondisi setemppat. Salah satu factor penting dalam mendesain media alat  peraga kesehatan adalah warna.

Warna berhubungan erat secara psikologis, bahkan warna dapat menjadi obat berbagai jenis penyakit.
a.    Warna merah
Warna merah merangsang vitalitas, mempertajam penglihatan, pendengaran, perasaan dan menambah energy.Warna ini dapat menghangatkan tubuh, memperlancar peredaran darah, mengobati lumpuh, membersihkan tubuh dari lender-lendir yang menumpuk.Jadi, warna merah harus dikurangi terhadap orang-orang yang emosional dan terlalu aktif. Eksperimen pada tumbuhan yang ditutup gelas berwarna merah akan lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan warna lain, yang mendapatkann sinnar matahari biasa. Oleh karena itu, warna merah sering disebut “cahaya pemberi hidup”.
b.    Warna merah tua
Warna ini diyakini dapat menolong penderita asma dan gangguan pada rongga hidung, menaikkan tekanan darah, memperlancar peredaran darah, meringankan sakit waktu haid, menambah selera seks dan merangsang emosi.
c.    Warna jingga
Warna jingga termasuk warna hangat sehingga dapat merangsang penyerapan dan peredaran darah serta merangsang tubuh untuk memuntahkan makanan yang tidak dapat dicerna, membantu pekerjaan paru-paru dan kelenjar gondok, meredakan batuk, membuar gas dalam perutdan meredakan bersin.
d.   Warna kuning
Kuning emas dapat meredakan perasaan depresi atau stress, merangsang selera makan dan mengadakan pengasimilasian makanan itu  sendiri didalam tubuh. Disamping itu, warna ini merangsang kerja jantung dan memperlancarkan peredaran darah, menolong fungsi hati dan empedu serta dapat merangsang penglihatan dan pendengaran. Warna kuning dapat pula mengobati borok perut,  mengenakkan perut, serta membuang atau membereskan pengapuran dari dalam tubuh. Sinar kuning dapat digunakan untuk mengobati infantile paralysis atau poliomyelitis.
e.    Warna hijau
Warna hijau dapat membantu mengatasi ketegangan dan menegangkan otot syaraf. Warna hijau dari daun yang mengandung klorofil hijau daun, mempunyai unsur pembersih tubuh, melancarkan darah yang membeku, merangsang kelenjar hipofisis (kelenjar hormone) agar dapat mengendalikan kelenjar-kelenjar lain yang baik.
f.     Warna biru
Warna biru adalah penenang, menghilangkan hati berderbar-debar dan menghilangkan peradangan. Seperti warna hijau, warna biru yang bersifat terapeutik.
g.    Warna biru hijau (Turguoise)
Warna tuguoise diyakini dapat melegakan kepenatan dalam belajar atau kelelahan saat berpikir. Warna ini juga dapat mengurangi rasa gatal, capek, keracunan, sulit tidur dan sakit kepala.
h.    Warna ungu
Warna ungu merupakan warna yang dapat membuat orang tidur nyenyak dan menurunkan emosi yang meluap-luap.Warna ini juga menurunkan tekanaan darah tinggi, meredakan sakit gigi, meringankan sakit kepala, menurunkan demam dan mengurangi keinginan seks.
i.      Warna merah ungu (magenta)
Warna ini dapat menimbulkan keseimbangan emosi, menyelaraskan keadaan tubuh dan menolong penderita jantung.
j.      Warna nila
Warna ini membantu mengatasi gangguan pernapasan, perdarahan, mengurangi pembengkakan, menekan rasa sakit dan berfungsi sebagai obat penenang.
k.    Warna hitam
Warna hitam pekat diyakini dapat menimbulkan penyakit dan mempercepat ketuaan.
E.  Contoh Kasus
Contoh Kasus Demam Berdarah dalam Upaya Promosi Kesehatan
Disuatu desa dimana terdapat puskesmas X dengan jumlah pengunjung yang datang pada tanggal 04 November 2012 sebanyak 50 orang untuk mengikuti kegiatan penyuluhan pencegahan demam berdarah. Masyarakat Desa yang datang untuk mengikuti kegiatan promosi kesehatan di puskesmas sebagian besar adalah orang dewasa usia sekitar 20 – 50 tahun yang berpendidikan SMA, sebagian masyarakat berpenghasilan dari bertani dan Ibu rumah tangga. Di puskesmas X sudah terdata jumlah penduduk yang menderita demam berdarah 15 orang pada bulan Oktober 2012 yang terdiri dari 10 orang dewasa dan 5 orang anak, yang mana akibat dari penyakit demam berdarah tersebut ada 3 orang yang meninggal yaitu 2 orang anak, dan 1 orang dewasa.
Prinsip promosi kesehatan berdasarkan kasusu diatas dengan menggunakan prinsip yaitu :
1.        Empowerment ( pemberdayaan) yaitu cara kerja untuk memungkinkan seseorang untuk mendapatkan kontrol lebih besar atas keputusan dan tindakkan yang mempengaruhi kesehatan mereka
2.        Partisipative ( partisipasi) yaitu dimana seseorang mengambil bagian aktif dalam pengambilan keputusan.
Strategi dan intervensi yang dilakukan ialah sebagai berikut :
1.         Advokasi
Melakukan pendekatan terdahulu dengan para pejabat untuk memberikan bantuan di puskesmas X dalam mencegah demam berdarah dengan menunjukkan data yang ada kepada para pejabat.
Intervensi yang dilakukan : Melakukan dialog, diskusi kepada para pejabat untuk mendukung penyuluhan yang akan dilakukan dan memberikan bantuan untuk kegiatan yang akan dilaksanakan.
Hasil yang diharapkan :
-          pejabat sektor mendukung kegiatan penyuluhan pencegahan demam berdarah
-          adanya bantuan dana dari pejabat untuk memberikan obat abate kepada masyarakat secara gratis
-          adanya ketentuan yang ditetapkan untuk kegiatan fogging rutin didaerah desa
2.         Dukungan sosial
Mendekati para tokoh masyarakat mengumpulinya dan melakukan bimbingan serta pengajaran kepada tokoh masyarakat agar dapat diberikan informasinya kepada para masyarakat didaerah desa tersebut.
Intervensi : kegiatan yang dilakukan kepada tokoh masyarakat sebelum penyuluhan memberikan bimbingan akan pencegahan demam berdarah,
Hasil yang diharapkan : bimbingan yang diberikan kepada tokoh masyarakat dapat berbagi kepada masyarakat sehingga mendukung jalanya penyuluhan nantinya
3.         Pemberdayaan masyarakat
Pemberdayaan yang dilakukan dengan sumber dayanya adalah masyarkat sendiri yang mana nantinya tampak akan prilakunya untuk melakukan informasi yang telah diterima.
Intervensi : Melakukan kegiatan penyuluhan tentang materi pencegahan demam berdarah, membagikan bubuk abate yang telah diberi dan oleh pejabat sektor, serta memberikan informasi tentang fogging kepada masyarakat
Hasil yang diharapkan :
-          Masyarakat dapat paham akan materi pencegahan demam berdarah
-          Masyarakat dapat melakukan kegiat menguras air, mngubur sampah yang dapat menampung air, dan menutup air tampungan dirumah.
-          Menggunakan bubuk abate dirumah untuk membunuh jentik nyamuk aedes aqepty
-          Mengetahui tentang jadwal fogging yang akan diprogram nanti
Metode yang digunakan dalam promosi kesehatan dalam kasus adalah ceramah dan diskusi di dalam kelompok masyarakat. Media dalam promosi kesehatan demam berdarah yang diambil kelompok adalah media poster. Poster pencegahan demam berdarah yang dapat ditemui menempel didinding atau tempat-tempat umum seperti di puskesmas, rumah sakit, atau  dilingkungan rumah. Ukuran poster biasanya 50-60 cm biasanya dalam satu poster hanya mempunyai satu tema poster.


Sumber : http://dmp-dans.blogspot.co.id/

1 komentar: